Padang (Antara Bali) - Azrita S.Pi, M.Si, dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta (UBH) meraih gelar Strata-3 (Doktor) studi perikanan di Universitas Andalas Padang dengan indeks prestasi (IP) terbaik 4,00.

Azrita meraih gelar akademik Doktor (DR) sebagai lulusan terbaik dengan prediket "cumlaude" dalam jangka waktu studi hanya dua tahun delapan bulan, kata Kepala Humas UBH, Indrawadi kepada ANTARA di Padang, Jumat.

Salah satu dosen terbaik UBH kelahiran Palembang 31 Juli 1975 itu akan diwisuda sebagai Doktor di Universitas Andalas Padang, Sabtu (1/10).

Azrita melanjutkan pendidikan S-3 pada program Bantuan Pendidikan Pascasarjana dan IP diraihnya merupakan rekor terbaik di kampusnya.

Ia meraih gelar Doktor berprediket "cumlaude" dengan menyelesaikan desertasi berjudul "Variasi Genetik dan Biologi Reproduksi Ikan Bujuk (Channa Lucius Cuvier) Pada Habitat Perairan Yang Berbeda Dalam Upaya Domestikasi.

Disertasi tersebut diselesaikannya dengan promotor Prof dr Dahelmi, Prof Dr Hafrijal Syandri, MS, Dr Ir Estu Nugroho, MS dan Dr Syafullah dengan referensi lebih dari 200-an judul jurnal.

Sebelumnya, Azrita meraih gelar S-1 pada Fakultas Perikanan UBH tahun 1999, lalu melanjutkan program S2 pada Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Kelautan UBH Padang.(*/T007)